Translate

Sabtu, 14 Juli 2018

Semua tentang bunyi, ada disini! - By AnSalYah

Assalamualaikum....
Halo halo...
Ketemu lagi dengan aku! (Ya emang aku...).
Kali ini aku bakal jelasin tentang bunyi.
Oke, aku mulai sekarang ya...

One... two... three... action....


     Bunyi adalah suatu bentuk gelombang longitudinal yang merambat secara perapatan dan perenggangan.

Segala macam bentuk bunyi, berasal dari benda yang bergetar. Atau benda - benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
     
      Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergerak. Getaran menimbulkan gelombang baru di udara.

      Sifat - sifat bunyi ada tiga, yaitu:


- termasuk gelombang longitudinal (gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya).


- perambatannya membutuhkan medium.


- dapat dipantulkan.


Bunyi dapat merambat melalui


- benda padat 



(Pulpen, gelas, dan botol termasuk benda padat)

- benda cair



                              (Air, kecap, dan saus termasuk benda cair)

- benda gas

Bunyi tidak bisa merambat melalui ruang hampa. Karena benda padat tidak memiliki media yang dapat merambat bunyi.


Jenis - jenis bunyi dibedakan menjadi menjadi tiga, yaitu: 

- bunyi Infrasonik : bunyi yang mempunyai frekuensi sangat rendah, kurang dari 20 Hz (satuan bunyi). Bunyi ini hanya dapat didengar oleh kelelawar, anjing, jangkrik, dan kuda.

- bunyi Audiosonik : bunyi yang mempunyai frekuensi antara 20 - 20.000 Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh manusia.

- bunyi Ultrasonik : bunyi yang mempunyai frekuensi sangat tinggi, yaitu lebih dari 20.000 Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh lumba - lumba.

Pemantulan Bunyi
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1. Bunyi yang memperkuat bunyi asli, yaitu bunyi pantul yang terdengar saat jarak antara sumber bunyi dan dinding pantul kurang dari 10 meter.

Nah mungkin hanya segitu yang bisa aku tulis ya
Jangan bosan mampir ke blog kesayangan ini ya ๐Ÿ˜„๐Ÿ†—๐Ÿ†—๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘

Wasalamualaikum ๐Ÿ˜Š 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua tentang bunyi, ada disini! - By AnSalYah

Assalamualaikum.... Halo halo... Ketemu lagi dengan aku! (Ya emang aku...). Kali ini aku bakal jelasin tentang bunyi. Oke, aku mulai ...